REVOLUSI MENTAL

MARI WUJUDKAN REVOLUSI MENTAL POLRI MULAI DARI DIRI SENDIRI, DARI HAL TERKECIL.

SOSIALISASI KARHUTLA DAN HUTAN DESA DAYAK AJUNG



Balangan, Kamis 11 Agustus 2016 Sat Binmas Polres Balangan beserta dinas kehutanan dan perkebunan Kabupaten Balangan mendatangi warga desa Ajung kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Balangan guna memberikan sosialisasi tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan serta pemanfaatan Hutan Desa khususnya bagi warga desa Ajung yang mayoritas adalah pekerja tani yang mana dalam membuka lahan pertanian dengan cara membakar sehingga langkah - langkah dalam memberikan sosialisasi ini dinilai sangat tepat.
Disamping Sosialisasi Karhutla juga diberikan sosialisasi dalam pembentukan Hutan Desa dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Balangan yang siap memfasilitasi setiap tahapan pembentukan Hutan desa dari segi adminitrasi maupun pengolahannya.
Tujuan dengan rencana dibentuknya Hutan Desa ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Ajung sendiri dengan pengelelolaan hutan desa yang tepat dan program pembuatan Hutan desa ini akan mendapat dukungan dari pemerintah secara gratis.
Program pemerintah ini disamping mensejahterakan masyarakat juga sebagai bentuk pengawasan terhadap kelestarian Hutan itu sendiri tanpa adanya kerusakan yang diakibatkan  orang - orang yang tidak bertanggung jawab terhadap hasil hutan, sudah banyak contoh terjadinya persinggungan antara masyarakat dengan aparat penegak hukum, sehingga dengan adanya program ini diharapkan dapat meminimalisir angka kejahatan perambahan hasil hutan.

Dalam pembentukan Hutan Desa ini disampaikan oleh Dinas kehutanan dan perkebunan dengan syarat yang paling mendasar yaitu : tidak merubah Status dan Fungsi kawasan hutan tersebut, Bukan untuk hak kepemilikan tetapi Hak mengelola, Tidak bisa dipindah tangan kan atau di agunkan, Jangka waktu 35 tahun dan dapat diperpanjang.
Dari syarat yang mendasar tersebut dapat terjadi apabila dari seluruh warga memberikan kesepakatan dan kebersamaan dalam mengelola Hutan Desa hingga memberikan manfaat lebih bagi seluruh warga.

(Lois Adi )

Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar